Rabu, 18 Januari 2023

Sejarah Type R Honda Yang Sangat Mempesona

Pertama Lahir Tahun 1997 Lewat Civic EK9, Inilah Deretan Type R yang Ada di Dunia


Civic EP3 dirilis di tahun 2001S

Semua pasti kenal bahkan mungkin mimpi punya sebuah Type R.

Seri Type R merupakan seri perfomance oriented dari mobil-mobil bikinan Honda.

Tentu saja enggak semua tipe mobil bikinan Honda ada seri Type R-nya.

Dari sekian banyak mobil-mobil Honda hanya ada 6 tipe yang dibuatkan seri Type R.

Ini dia mobil-mobilnya.

Civic EK9


Type R pertama kali diperkenalkan pada 1997, yakni Honda Civic Type R yang berkode EK9.

Civic Type R EK9 ini pakai basis Civic generasi ketujuh JDM.

Ia punya mesin B16B empat silinder berkapasitas 1.600 cc VTEC dengan power 182 dk dan torsi 160 Nm.

Transmisinya manual 5-percepatan, berpenggerak depan.

Pakai mesin itu hatchback tiga pintu ini bisa melahap 0-100 Km/jam dalam 6,6 detik.

Sementara untuk top speednya tembus 234 Km/jam.

 

Civic EP3


Type R berikutnya lahir tahun 2001, yakni Honda Civic Type R EP3.

Ia masih berjenis hatchback tiga pintu, dengan mesin empat silinder berkode K20A2 untuk pasar Eropa, dan K20A di Jepang.

Mesin tersebut dibekali transmisi manual 6-percepatan, dan tenaganya disalurkan ke roda depan.

Bicara tenaga, mesin itu mampu merilis power sebesar 212 dk dengan torsi 167 NM.

Untuk melahap 0-100 Km/jam hanya butuh waktu 6,2 detik, sementara top speednya 226,9 Km/jam.

 

Civic FD2


Selanjutnya pada 2007 Honda mrilis Civic Type R FD2.

Kali ini berbentuk sedan empat pintu dengan spoiler di belakang yang membuat tampilannya lebih racy.

Civic Type R FD2 dibekali mesin K20A berkapasitas 2.000 cc empat silinder dengan transmisi manual 6-percepatan.

Power yang bisa dihasilkan sebesar 222 dk dengan torsi 215 Nm, yang disalurkan ke roda depan.

Urusan performa, ia mampu melahap 0-100 Km/jam dalam 6 detik, dan top speednya 239,7 Km/jam.

Civic FN2


Type R berikutnya lahir tahun 2007, yakni dengan kode FN2.

Ia kembali ke bentuk hatchback tiga pintu, tapi tetap dengan spoiler belakang yang membuatnya terlihat agresif.

Kali ini Type R dibekali mesin K20Z4 2.000 cc yang mampu menghasilkan 198 dk dengan torsi 193 Nm.

Pakai mesin itu ia mampu mencatatkan top speed 234,9 Km/jam, dan mampu berakselerasi 0-100 Km/jam dalam waktu 6,4 detik.

Civic FK2


Tahun 2015 Honda kembali merilis Type R baru, kali ini dengan kode FK2.

Oh iya, Type R ini masih dalam bentuk hatchback ya, tapi dengan konfigurasi lima pintu.

Mesinnya pakai K20C1 empat silinder dengan turbo, yang mampu merilis power sebesar 306 dk dan torsi 295 Nm.

Pakai mesin itu Civic FK2 ini mampu meraih top speed 270 Km/jam, dengan 0-100 Km/jam mampu diraih dalam 5,7 detik.

Tapi untuk versi pasar domestik Jepang (JDM) dan domestik Eropa (EDM), mesinnya lebih galak karena powernya tembus 316 dk.

Civic FK8


Civic Type R berikutnya yakni FK8 yang lahir tahun 2017.

Dari segi desainnya ia terlihat sangat sporti dengan banyaknya guratan-guratan tajam mulai dari bumper depan, samping hingga buritannya.

Apalagi pada FK8 juga dibekali spoiler belakang yang cukup besar.

Sebenarnya desain yang meruncing ini sudah mulai sejak FK2, tapi versi FK8 ini terlihat lebih radikal, setuju enggak?

Dapur pacu FK8 masih pakai mesin K20CI turbo dan powernya juga masih sama seperti versi sebelumnya yakni di angka 306 dk.

Yang beda adalah torsi yang lebih meledak, yakni sebesar 350 Nm.

Makanya untuk 0-100 Km/jam ia bisa lebih cepat, yakni cuma butuh waktu 5,2 detik.

Sementara topspeed-nya nambah dikit banget dari versi sebelumnya yakni 271,9 Km/jam.